UH KE 2 IPS K.8 SMT 2 TH. 2015 / 2016



             Mata Pelajaran                         :  Ilmu Pengetahuan Sosial
             Kelas  /  Semester                   :  VIII (Delapan)  / 2 (Dua)
             Ulangan Harian                        :   Ke 2
             Nama Lengkap                         :   .........................................
             Kelas / No. Absen                    :   VIII .............. / ..................

I.     Pilihlah jawaban yang benar dengan memberikan tanda silang (X) pada huruf A, B, C, D pada lembar jawaban yang tersedia!
1.      Hubungan timbal balik antar individu yang saling memengaruhi dan berdasarkan kesadaran untuk saling menolong dan saling memengaruhi dua orang atau lebih dinamakan ….
A.   komunikasi sosial
B.   hubungan sosial
C.   kontak sosial
D.   proses sosial

2.      Hubungan timbal balik atau hubungan dua arah antara dua orang yang mengalami salah pahan sehingga terjadi komunikasi yang menghasilkan bentuk pertentangan, permusuhan, atau perkelahian dinamakan ….
A.   kontak primer
B.   kontak sekunder
C.   komunikasi positif
D.   komunikasi negatif

3.       Berikut ini ciri-ciri hubungan sosial, kecuali
A.   mempunyai tujuan-tujuan tertentu
B.   bersifat timbal balik, negatif, dan berkesinambungan
C.   ada kontak sosial yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dan ada reaksi dari pihak lain
D.   ada komunikasi antarpelaku dengan simbol-simbol berupa bahasa lisan maupun bahasa isyarat

4.      Seorang juru kampanye partai politik tertentu berpidato di depan orang banyak sehingga orang-orang tersebut tertarik dan terpengaruh isi pidatonya.
Hal ini merupakan contoh interaksi hubungan sosial yang dilakukan oleh ….
A.   kelompok dengan kelompok
B.   pejabat dengan masyarakat
C.   individu dengan kelompok
D.   individu dengan individu

5.       Perhatikan pernyataan berikut ini!
1)   keinginan mempertahankan hidup terutama menghadapi serangan dari luar
2)   keinginan berjuang secara individu maupun kelompok
3)   keinginan melakukan komunikasi dengan sesama
4)   keinginan mewujudkan hari ini yang lebih baik
Faktor pendorong terjadinya hubungan sosial ditunjukkan pada nomor ….
A.   1, 2, dan 3
B.   1, 2, dan 4
C.   1, 3, dan 4
D.   2, 3, dan 4

6.       Faktor eksternal terjadinya hubungan sosial berupa sikap tertarik kepada orang lain karena sesuatu hal, seperti penampilan, kebijaksanaan, maupun pola pikirnya dinamakan …
A.   motivasi
B.   sugesti
C.   simpati
D.   empati 

7.       Berikut ini faktor penghambat terjadinya hubungan sosial, kecuali ….
A.   adanya perbedaan pendapat yang dapat diselesaikan
B.   keadaan alam atau kondisi geografis yang tidak mendukung
C.   adanya perbedaan paham yang dilandasi sifat fanatisme berlebihan
D.   terjadi bencana alam berupa banjir, gempa bumi, tanah longsor, kekeringan, dan badai

8.      Proses individu atau kelompok manusia yang semula saling bertentangan dapat saling menyesuaikan diri mengatasi kekurangan-kekurangan dinamakan ….
A.   asimilasi                                                                    C.  kompetisi
B.   cooperation                                                               D.  akomodasi

9.       Berikut ini merupakan faktor-faktor yang menimbulkan kerjasama, kecuali ….
A.   ada ancaman atau rintangan dari luar
B.   untuk mencari keuntungan kelompok
C.   ada orientasi perseorangan
D.   untuk menolong orang lain

10.   Gedung sekolah dekat pusat perbelanjaan sangat tidak mendukung kegiatan belajar mengajar, maka muncul kebijaksanaan sekolah untuk pindah ke luar kota yang jauh dari kebisingan dan cocok untuk belajar. Areal berdirinya gedung sekolah yang lama akan dibangun mall, sehingga terjadi pertukaran lahan antara pengusaha mall dengan pemerintah. Pengusaha memperoleh tempat usaha yang strategis dan pemerintah memperoleh tempat yang sesuai untuk belajar.
Pernyataan tersebut merupakan contoh dari ….
A.   cooperation
B.   join venture
C.   bargaining
D.   coalition

11.     Perhatikan pernyataan berikut ini!
1)   kebudayaan dari masing-masing kelompok berubah dan saling menyesuaikan diri
2)   ada kelompok-kelompok manusia yang berbeda kebudayaan
3)   individu sebagai kelompok saling bergaul dalam waktu lama
4)   sikap terbuka dari orang yang berkuasa dalam masyarakat
Syarat-syarat timbulnya asimilasi ditunjukkan pada nomor ….
A.   1, 2, dan 3
B.   1, 2, dan 4
C.   1, 3, dan 4
D.   2, 3, dan 4

12.     Berikut ini akibat pertentangan atau konflik, kecuali ….
A.   persatuan dalam kelompok menjadi goyah
B.   harta benda menjadi hancur dan jatuh korban manusia
C.   rasa solidaritas dalam kelompok menjadi bertambah lemah
D.   kepribadian individu-individu yang terlibat pertentangan menjadi berubah

13.     Pertandingan sepak bola, bola voli, dan basket merupakan contoh dari proses dissosiatif  dalam bentuk ….
A.   pertentangan                                                             C.  persaingan
B.   kontravensi                                                                D.  konflik

14.     Menghasut, desas-desus, dan mengecewakan pihak lain merupakan contoh dari bentuk kontravensi ….
A.   intensif                                                                        C.  umum
B.   rahasia                                                                       D.  taktis

15.    Berikut ini dampak negatif atau kerugian hubungan sosial, kecuali ….
A.   ada pengaruh paham individualisme yang mengurangi sikap toleransi sesama anggota masyarakat
B.   perbedaan pendapat menimbulkan kerjasama antaranggota masyarakat
C.   muncul sifat fanatisme pribadi atau golongan yang berlebihan
D.   terjadi persaingan tidak sehat antaranggota masyarakat

16.    Suatu sistem norma atau aturan untuk mengatur hubungan antar manusia dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai masyarakat dinamakan ….
A.   hubungan sosial                                                       C.  sanksi sosial
B.   aturan sosial                                                              D.  pranata sosial
                                                                                    
17.     Perhatikan pernyataan berikut ini!
1)   sebagai kontrol sosial
2)   menjaga keutuhan masyarakat
3)   meningkatkan kesejahteraan masyarakat
4)   memberikan pedoman pada anggota masyarakat
Fungsi pranata sosial sebagai pengatur berbagai bentuk aktivitas manusia ditunjukkan pada nomor ….
A.   1, 2, dan 3
B.   1, 2, dan 4
C.   1, 3, dan 4
D.   2, 3, dan 4

18.    Seni suara, seni rupa, seni gerak, seni lukis, dan seni sastra merupakan tujuan pranata sosial untuk memenuhi kebutuhan ....
A.    sosial dan kekerabatan
B.   pengetahuan dan pendidikan manusia
C.   manusia untuk menyatakan rasa keindahan dan rekreasi
D.   untuk mengatur kehidupan berkelompok  atau bernegara

19.    Pranata sosial yang sangat penting untuk memelihara dan mempertahankan tata tertib dalam masyarakat berupa  keluarga, sekolah, dan negara dinamakan ....
A.   basic Institutions
B.   regulative institutions
C.   subsidiary institutions
D.   cooperative institutions

20.    Bagian pranata sosial meliputi lingkungan keluarga dan kerabat yang membentuk watak dan perilaku seseorang dalam keluarga yang dialami dan diterapkan sejak kecil dinamakan ….
A.   pranata pendidikan
B.   pranata ekonomi
C.   pranata agama
D.   pranata keluarga

21.   Tempat mencurahkan kasih sayang dan rasa cinta antar anggota keluarga, sehingga dapat menjaga perasaan masing-masing anggota keluarga agar tercipta kerukunan dan keharmonisan hubungan didalam keluarga .
Hal ini merupakan pranata keluarga dalam fungsi ….
A.   afeksi                                                                           C.  keagamaan
B.   sosialisasi                                                                  D.  penentuan status
                                                                                                                
22.    Agama mendorong manusia melakukan perubahan yang lebih baik, karena memberikan bimbingan kepada manusia agar kehidupannya Iebih terarah dan berimbang merupakan pranata agama dalam fungsi ….
A.   ritual
B.   sosial
C.   hukum
D.   transformatif

23.     Berikut ini peranan atau fungsi pranata ekonomi, kecuali ….
A.   mengatur produksi barang dan jasa
B.   mengatur aktualisasi barang dan jasa
C.   mengatur  distribusi  barang dan jasa
D.   mengatur konsumsi  barang dan jasa

24.    Aturan pemerintah dalam memanfaatkan sumber daya alam di Indonesia untuk melindungi produk lokal dari persaingan produk luar negeri (impor) berupa ....
A.   monopoli pemerintah
B.   monopoli swasta
C.   proteksi
D.   kuota

25.    Proses perubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang untuk mendewasakan manusia melalui pengajaran atau pelatihan dinamakan ...
A.   pranata pendidikan                                                  C.  pranata ekonomi
B.   pranata keluarga                                                      D.  pranata agama

26.   Nama, jenis kelamin, hak waris, tempat dan tanggal lahir, mewariskan gelar kebangsawanan.
         Hal in merupakan contoh fungsi pranata keluarga dalam fungsi ....
A.   afeksi                                                                           C.  perlindungan
B.   reproduksi                                                                  D.  penentuan status               

27.    Perhatikan pernyataan berikut ini!
1)   memberikan persiapan dalam berbagai peran pekerjaan
2)   mempersiapkan peranan sosial yang dikehendaki individu
3)   sebagai wahana dan media pengendalian sosial bagi warga masayarakat
4)   sebagai pranata pemindahan warisan kebudayaan kepada warga masyarakat
5)   memperkuat penyesuaian, mengembangkan diri dan pengembangan hubungan sosial
Pernyataan tersebut merupakan fungsi dari ....
A.   pranata agama                                                         C.  pranata keluarga
B.   pranata ekonomi                                                      D.  pranata pendidikan

28.    Serangkaian peraturan secara tertulis ataupun tidak tertulis yang berfungsi mengatur semua aktivitas politik dalam masyarakat atau negara dinamakan ....
A.   pranata agama                                                         C.  pranata keluarga
B.   pranata  politik                                                          D.  pranata pendidikan

29.    Berikut ini cirri-ciri pranata politik, kecuali ….
A.   pemerintah mempunyai kewenangan pada wilayah tertentu
B.   pemerintah melaksanakan fungsi-fungsinya untuk kepentingan bersama
C.   pemerintah tidak kewenangan melakukan memonopoli penggunaan paksaan atau siksa
D.   memiliki komunitas manusia yang hidup bersama berdasarkan nilai-nilai yang disepakati bersama

30.    Kedudukan Pranata politik paling tinggi yang berlaku di Indonesia dalam mengatur penyelenggaraan pemerintahan negara adalah ….
A.   Pancasila                                                                   C. Keputusan Presiden
B.   UUD 1945                                                                  D.  Peraturan Pemerintah

31.    Segala cara dan proses yang  terencana maupun tak terencana yang bersifat mendidik, mengajak, dan memaksa individu, kelompok, ataupun masyarakat berperilaku selaras/sesuai norma-norma dan nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat dinamakan ….
A.   proses sosial                                                             C.  komunikasi sosial
B.   hubungan sosial                                                      D.  pengendalian sosial

32.  Perhatikan pernyataan berikut ini!
1)   sebagai cara, metode atau teknik tertentu untuk mengatasi atau mencegah terjadi penyimpangan sosial
2)   mewujudkan keselarasan antara stabilitas dengan perubahan yang terus terjadi dalam masyarakat
3)   dapat dilakukan oleh kelompok terhadap kelompok lain atau suatu kelompok terhadap individu
4)   dilakukan secara searah meskipun tidak disadari oleh kedua belah pihak
Ciri-ciri pengendalian sosial ditunjukkan pada nomor ….
A.   1, 2, dan 3
B.   1, 2, dan 4
C.   1, 3, dan 4
D.   2, 3, dan 4

33.   Berikut ini adalah tujuan pengendalian sosial, kecuali ….
A.    agar terwujud keserasian dan ketenteraman dalam mayarakat
B.    agar pelaku penyimpangan dapat kembali mematuhi norma-norma yang berlaku
C.    agar masyarakat sulit mematuhi norma-norma sosial yang berlaku dengan kesadaran sendiri maupun paksaan
D.    agar nilai-nilai dan norma-norma sosial dapat dijalankan masyarakat sehingga tercipta suasana aman, nyaman, tertib, dan damai.

34.   Guru memberi hukuman kepada siswa yang terlambat dan tidak tertib di sekolah, dengan tujuan agar tindakan penyimpangan siswa tidak berulang lagi.
         Berdasarkan waktu pelaksanaannya merupakan contoh tindakan pengendalian sosial secara ….
A.   kuratif                                                                          C.  kompulsi
B.   represif                                                                       D.  preventif

35.   Contoh pengendalian sosial berdasarkan jumlah yang terlihat berupa pengawasan dari individu terhadap kelompok yaitu ….
A.   seorang pelatih sepak bola mengarahkan tim sepak bolanya
B.   warga masyarakat mengucilkan seorang warganya yang melanggar norma
C.   seorang ayah menasihati anaknya, seorang siswa  menegur temannya yang telah berbuat salah
D.   sekelompok mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) sedang memberikan penyuluhan pada masyarakat

36.    Ajakan atau penyuluhan kepada masyarakat untuk tidak melakukan hal-hal yang menyimpang, guru BK menasehati dan menghimbau siswa tidak merokok.
          Berdasarkan perlakuannya merupakan contoh pengendalian sosial berupa tindakan ….
A.   pribadi                                                                        C.  persuasif
B.   koersif                                                                         D.  institusional

37.    Pemerintah kabupaten mencanangkan wajib jam belajar dari jam 18.00 - 21.00 bagi setiap penduduk, tujuannya mengarahkan agar warga memiliki kebiasaan yang baik berupa dapat memanfaatkan waktu luang sebelum tidur untuk belajar.
         Berdasarkan tujuannya merupakan contoh pengendalian sosial yang bertujuan secara ….
A.   kreatif                                                                          C.  konstruktif
B.   regulatif                                                                      D.  eksploratif

38.   Contoh pengendalian sosial berdasarkan jumlah yang terlihat berupa pengawasan dari individu terhadap kelompok yaitu ….
A.   sekelompok mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) sedang memberikan penyuluhan pada masyarakat
B.   warga masyarakat mengucilkan seorang warganya yang melanggar norma
C.   seorang siswa  menegur temannya yang telah berbuat salah
D.   seorang pelatih sepak bola mengarahkan tim sepak bolanya

39.   Gosip atau desas-desus merupakan bentuk pengendalian sosial yang cukup efektif karena ….
A.   banyak orang mengurungkan niat melakukan sesuatu karena takut digosipkan
B.   meminta bantuan pihak lain yang dianggap dapat mengatasi masalah
C.   hal yang lazim dilakukan untuk mengatasi penyimpangan sosial
D.   disertai tekanan, ancaman, dan menakut-nakuti

40.    Lembaga yang menangani, menyelesaikan, mengadili, dan memberikan sanksi tegas terhadap perselisihan/tindakan yang melanggar aturan dan undang-undang yang berlaku adalah ….
A.   kepolisian                                                                  C.  tokoh masyarakat
B.   pengadilan                                                                D.  adat (sistem nilai budaya)

II.  Jawablah pertanyaan berikut ini secara singkat dan tepat!
1.   Sebutkan 4 tujuan seseorang melakukan hubungan sosial!
2.   Sebutkan 2 faktor yang menimbulkan terjadi kerjasama!
3.   Mengapa pranata agama mempunyai fungsi hukum?
4.   Sebutkan 2 fungsi pengendalian sosial!
5.   Sebutkan 4 bentuk pengendalian sosial dalam masyarakat!


----- oOo -----

Tidak ada komentar: