KEBIASAAN MENCONTEK AWAL MULA JADI KORUPTOR



KEBIASAAN MENCONTEK
AWAL MULA JADI KORUPTOR
(Penyusun : Amir Alamsyah, S.Pd.)





Kebiasaan menyontek dan perilaku korupsi hampir sama nilainya. Sama-sama ingin memperoleh hasil yang baik atau besar dalam waktu cepat, tanpa mau berusaha dengan jalan yang benar atau langkah yang tidak sesuai prosedur.
Kebiasaan mencontek di sekolah mendorong perilaku tidak jujur di dunia kerja. Siswa yang memiliki kebiasaan menyontek di sekolah cenderung nantinya menjadi orang dewasa yang tidak jujur saat di dunia kerja. Kebiasaan curang di sekolah seperti meminta bocoran soal ulangan atau ujian dari siswa yang sudah selesai melakukannya, menyiapkan kertas contekan sebelum tes, sampai membolos dengan memberikan keterangan palsu kepada guru.
Perilaku negatif tersebut ternyata terus terbawa saat seseorang memasuki dunia kerja, misalnya melaporkan pada atasan bahwa pekerjaannya hilang, memfitnah teman kerja, atau mengakui ide brilian orang lain sebagai hasil karyanya sendiri, memfitnah teman atau orang lain, dan perilaku tidak jujur lainnya.
Adanya aturan larangan menyontek saat evaluasi belajar siswa seperti uangan harian, ujian tengah semester ulangan akhir semester, maupun yang lainnya. Kemungkinan siswa melakukuan kegiatan menyontek merupakan kegiatan tercela secara kognitif karena dianggap tidak mampu menguasai materi dan secara afektif  karena  merupakan perilaku sikap curang. Menyontek perbuatan merupakan kegiatan tercela dan dapat dikatakan bahwa siswa yang menyontek tidak lebih baik dengan koruptor. Adanya tayangan berta di media televisi, koran , maupun internet, pada pelajar sering mencela-cela perilaku para koruptor serta dampak terhadap situasi negara ini. Alangkah ironisnya jika mereka sendiri para pelajar melakukan kebiasaan menyontek, karena pola pikir koruptor dan penyontek adalah sama saja tidak baik dan sama tercelanya. Koruptor dan penyontek dapat digolongkan dalam jenis perbuatan yang sama sederajat tercelanya. Saat ini perilaku mencontek dan koruptor merupakan tindakan kejahatan luar biasa, meskipun dampaknya jauh berbeda. Namun keduanya merupakan perilaku dan tindakan yang sama bahayanya bagi pribadi pelakunya dengan dampauk tidak baik bagi diri sendiri, orang lain, bangsa dan negara.
Guru sering memberitahu siswanya bersedia dan berani menerima resiko setiap perbuatannya, karena setiap  perbuatan pasti ada konsekuensinya. Setiap ada ulangan maupun kegiatan penilaian lainnya, siswa jika ingin mendapatkan hasil yang baik, maka harus mau berusaha dan belajar dengan baik. Jika tidak melakukan persiapan dengan matang dan tidak belajar dengan baik, mereka harus menerima hasil yang buruk berupa nilai rendah, maupun konsekuensi buruk lainnya. Kegiatan mencontek merupakan perbuatan tercela, karena tidak bersedia berusaha dengan baik tetapi ingin memperoleh hasil yang baik sehingga akhirnya akan mencari jalan pintas apapun untuk memenuhi tujuannya. Siswa yang ingin nilai bagus tanpa belajar, sama saja dengan orang yang ingin kaya namun tidak berusaha secara tepat dan maksimal. Jika malas berusaha, maka silahkan terima konsekuensi berupa hasil belajar tidak memuaskan, setidaknya tindakan ini merupakan perilaku yang lebih terhormat.
Orang-orang yang ingin berhasil tanpa usaha wajar maupun bekerja keras, maka dikemudian hari akani penjilat, maling, penipu, bahkan menjadi koruptor. Saat ini mereka mungkin hanya menyontek, namun dikemudian hari dengan pola pikir yang sama dan telah dibiasakan, maka kita tidak pernah tau mereka akan menjadi apa besok kelak jika sudah memasuki masa dunia kerja atau mencari penghasilan. Semoga para siswa saat ini kelak bukan menjadi pribadi-pribadi umat manusia seperti yang tidak kita harapkan.
Kebiasaan mencontek yang pernah atau mungkin menjadi rutinitas para pelajar setiap kali ada ulangan atau evaluasi harus dirubah sejak dini. Karena perilaku dan kegiatan mencontek berkaitan pembentukan pribadi dan mental yang dibentuk untuk menghadapi perubahan jaman yang tiap saat selalu berubah dan tentunya untuk memcari penghasilan dari kehidupan jauh lebih sulit dari sekarang ini.




Hal pokok yang menjadi akar permasalahan siswa atau pelajar dalam belajar di sekolah maupun dirumah diantaranya adalah malas untuk belajar. Lalu bagaimana cara mengatasi atau solusi dari kemalasan yang selalu muncul dalam diri siswa, baik yang kadang-kadang muncul maupun yang setiap saat malas belajar. Berikut ini cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi malas belajar :

1.      mandi pagi sebeluk berangkat sekolah, tidak lupa gosio gigi, dan makan pagi.
2.  mandi atau wudhu sepulang sekolah, karena dapat menyegarkan pikiran dan badan sehingga otak terasa segar dan badan terasa bugar.
3. belajar sambil dengan suasana hening untuk menumbuhkan keadaan pikiran penuh konsentrasi, bagi yang biasa diringi musik ya jangan keras-keras tetapi pelan saja.
4.  tidurlah terlebih dahulu sebelum belaajar dirumah apabila lelah memang benar-benar mengantuk, lalu pasang alarm untuk bangun di dini hari.
5.   rapikanlah ruang belajarmu,  karena akan membuat mood belajar menjadi baik.
6.  kadang-kadang belajar bersama dengan teman lain dalam kelompok kecil 3 sampai empat orang dalam satu kelompoknya dan jangan terlalu banyak agar kegiatannya menjadi lebih efisien.
7.  matikan handphone, smartphone, maupun blackberry, karena kebanyakan siswa malas belajar akibat berhadapan alat tersebut untuk membalas sms telpon, atau chatting  dengan teman.
8buat catatan yang menarik dan lebih bagus lagi dengan membuat bagan-bagan materi pelajaran sehingga lebih cepat memahami daripada disusun menjadi kata per kata lalu kalimat per kalimat.
9.   bacalah catatan pelajaran hari ini sebelum beranjak ke pelajaran hari esok.
 10.  belajarlah setiap saat meskipun besok pagi tidak ada ulangan dan kerjakan tugas-tugas yang diberikan guru tepat waktu agar terasa ringan dan tidak menumpuk menjadi berat rasanya jika hal ini dilakukan.
 11.  agar memperoleh hasil yang maksimal dalam belajar, minimal atau paling sedikit jumlah waktu belajar di rumah adalah setengah dari jumlah jam belajar di sekolah, sehingga rata-rata  paling sedikit setiap hari 3 jam atau mungkin lebih.
 12pasang target-target atau sesuatu yang annda inginkan yang ingin anda capai di tempat strategis, baik target jangka pendek, jangka menengah, maupun jangka panjang





Demikianlah para siswa, untuk  memperoleh hasil belajar yang memuaskan maka harus dilakukan dengan usaha keras, dan bukan hanya diucapkan saja lalu ganti waktu menjadi lupa. Dan yang amat penting bahwa usaha keras dalam belajar harus diwujudkan secara nyata dengan langkah-langkah dan tahapan-tahapan tertentu sesuai target yang diinginkan secara pasti. Karena dengan belajar baik dapat menghindarkan kita dari perilaku mencontek yang pada akhirnya jangka panjang dapat menimbulkan koruptor-koruptor baru di masa depan yang dapat merugikan diri sendiri, bangsa dan negara.  Ingat dan ingatlah terus bahwa hidup itu pilihan, pilihan apa saja yang anda lakukan punya konsekuensi atau akibat yang dipertanggungjawabkan sendiri baik dimata hukum maupun di hadapan Allah Sang Pencipta manusia, alam semesta,  bererta isinya.                       






 

186 komentar:

Unknown mengatakan...

NAMA :KRISTANTO
NO :19
KELAS :9A

"Terimakasih, dengan adanya postingan ini aku terbantu untuk tidak malas belajar di rumah"

Anonim mengatakan...

NAMA : DENIC AGUS SETIAWAN
KELAS : 9D
NO : 10

"Insyaallah ngak nyontek lagi pak...KHILAF"

Unknown mengatakan...

NAMA : BAYU PUTRA PRATAMA
KELAS : 9A
NO : 06

" Dengan adanya postingan ini, saya akan belajar lebih giat lagi agar nilainya bisa tercapai. "

Unknown mengatakan...

Nama:Ahmadmunaji
kelas:9f
no :01

''saya setuju denga itu dapat meningkatkan belajar sisswa

Unknown mengatakan...

. tenan'e

Unknown mengatakan...

.Menyontek dapat menyebabkan musibah,,karena dapat menyebabkan orang-orang tidak percaya diri saat mengikuti/mengerjakan ulangan ataupun tes dan akan menjadi anak yang pemalas. Semoga postingan ini dapat menyadarkan siswa-siswi SMP N 1 Bandungan agar tidak menyontek saat mengerjakan ulangan dan tes...

Nama : Wahab Samsul KH
No : 28
Kelas : IX F

Unknown mengatakan...

setuju, karena sifat menyontek dapat menyebabkan kecanduan karena jika saat tes atau ulangan dapat selalu ingin menyontek..

nama :Edy widiyantoro
kelas :9 F
no :08

Unknown mengatakan...

setuju, karena menyontek dapat menyebabkan malas belajar...

Nama : Afwan.F
No : 03
Kelas : 9C

Unknown mengatakan...

ngapusii sesok yyo nyontek neh ....

Unknown mengatakan...

''saya setuju dengan posting ini,dengan diadakan posting ini membuat siswa untuk belajar dengan giat lagi.''

Nama:Ikhwan agus
Kelas;9D
No :15

Unknown mengatakan...

"Saya setuju dgn posting ini ,
,kalau lupa ya nyontek ,kalau gak lupa ya gak nyontek."

Nama : Almiftah Zainur
No : 06
Kelas : 9 Che

Unknown mengatakan...

Saya setuju dgn posting ini ,
,kalau lupa ya nyontek ,kalau gak lupa ya gak nyontek."

Nama : Almiftah Zainur
No : 06
Kelas : 9 Che

Unknown mengatakan...

nama : raras sidoasih
kelas: IX D
no: 26

saya setuju dgn posting ini,,
karena sifat menyontek itu dapat menyebabkan kecanduan, jika ada tes atau ulangan :-)

Ant Network mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Ant Network mengatakan...

Nama : Sutriyanto
No : 21
Kelas : 9 Che


Mencontek merupakan suatu perilaku yang perlu di tindak dengan tegas, masalahnya banyak sekali dampak negative yang ditiumbulkan seperti yang telah saya posting di artikel sebelumnya. Nah, posting kali ini, akan saya ulas beberapa alasan yang meyebabkan seorang siswa itu mencontek dan bagaimana terapinya.


1. Kurang PD
Pertemanan yang salah ini menyebabkan adanya sifat ketergantungan antar teman, bahkan dalam mencontek. Siswa-siswa kurang PD dengan hasil jawaban mereka sendiri, dan bahkan ketika jawaban mereka sebenarnya betul tetapi karena melihat teman yang dianggap lebih pintar, akhirnya mereka mengubah jawabannya. Maka terapi untuk hal ini adalah Anda harus bisa memotivasi siswa agar lebih bangga dengan jawaban sendiri walau nilai rendah, dan sampaikan juga bahwa jawaban teman belum tentu benar.


2. Tidak Belajar
Cara belajar yang salah selama ini, menyebabkan siswa harus belajar pada saat mau ulangan saja, dan ketika tidak ulangan maka tidak ada yang namanya belajar. Yang lebih parah lagi adalah siswa tidak belajar saat mau ulangan yang banyak disebabkan karena lupa. Hal ini sudah pasti akan memicu siswa untuk mencontek. Untuk yang satu ini sebenarnya cukup mudah solusinya, anda tingga sering-sering mengingatkan saja. Misalnya pada pertemuan terahir Anda memberitahu akan ulangan, dan sehari sebelum ulangan, Anda perlu menguatkan kembali bahwa hari esoknya akan ulangan. Untuk terapinya, Anda sebagai guru harus memberikan tips sistem belajar yang tepat, sehingga dengan hanya sedikit membaca sebelum ulangan, materi sudah kembali teringat.

sumber gambar : guruislamicvillage.files.wordpress.com
3. Ingin nilai besar
Siapa sih yang tidak ingin berprestasi dengan mendapatkan nilai besar. Maka atas dasar hal ini, siswa akan melakukan apa saja asalkan dia bisa mendapatkan nilai besar. Tapi coba bayangkan, jika semua nilai besarnya diperoleh karena hasil mencontek??bisa-bisa si anak dijuluki raja Contek. Anda perlu memahamkan kepada siswa bahwa nilai akhir Anda tidak hanya sekedar dinilai dari hasil ulangan, tapi juga dilihat dari proses bagaimana dia mendapatkan nilai dan bagaimana komitmennya dalam menyelesaikan tugas. Di sini anda juga mulai menanamkan nilai karakter untuk tidak korupsi, sehingga ketika dia menjadi pejabat dia tidak terbiasa bertindak curang. aamiiin.


4. Soal susah
Soal yang susah bagi mereka akan memicu mereka untuk melakukan tindakan kriminal (mencontek-pen). Maka sebagai guru yang baik, berikanlah soal sesuai dengan yang Anda ajarkan, yaitu sesuai indikator yang Anda kembangkan dari SK dan KD. Jadi jangan kaget kalau semua siswa mendapat nilai jelek karena soal yang Anda buat adalah soal yang belum pernah diajarkan kepada siswa.


5. Guru kurang tegas
Ketegasan guru saat ujian perlu dibuktikan, hal ini terbukti ketika mereka melihat jadwal pengawas, saat mendengar salah satu guru, responnya adalah “yaaaahhhh….(muka suram)”. Ini menandakan bahwa aktivitas mereka juga dipengaruhi ketegasan sang Guru. Jika sang Guru kurang tegas pada saat ujian, maka hal ini banyak dimanfaatkan siswa untuk berbuat curang. Maka sebagai guru yang yang professional (salah satu kompetensi guru) Anda harus bisa bertindak tegas dalam ujian. Anda bisa melakukan shock terapi, caranya agak sedikit ekstrim seperti yang pernah saya lakukan. Saya beranikan untuk menyobek kertas ujian siswa ketika ada seorang siswa mencontek, dan hasilnya ketika di ujian-ujian berikutnya, suasana ulangan menjadi tenang. Alternatif lain adalah Anda bisa memberikan Diskon nilai untuk siswa yang mencontek, semakin banyak mencontek, semakin besar diskon yang Anda berikan. Tapi ini akan berefek di ulangan berikutnya setelah tau nilai-nilai mereka di diskon :D

Unknown mengatakan...

nama: M.very irawan
no:21
kelas:9e


1. Ketergantungan terhadap Catatan atau Orang Lain
Jika terbiasa mencontek, maka akan ketergantungan kepada orang lain atau catatan. Hal ini akan dirasakan setelah mencontek yang pertama, maka akan ketergantungan pada unjian selanjutnya.

2. Hilangnya Rasa Percaya Diri
Akan hilang rasa percaya dirinya saat mengikuti ujian selanjutnya. Tidak percaya pada jawaban dirinya, menganggap jawaban orang lain lebih benar.

Mudah belajar ips smp mengatakan...

Komentarmu memang masuk akal, tetapi jika dilihat dari bahasanya apakah komentar ini hasil dari pikiranmu sendiri ataukah hasil copy paste artikel dari internet milik orang lain ................. ya???????

Unknown mengatakan...

Nama : Anindya Syahma Nabila
Nomer : 05
Kelas : 9E
Alasan : Saya setuju , Mencontek hanyalah kesenangan sesaat . Bila nilai baik , itu juga bukan hasil dari kerja keras kita sendiri !!

Unknown mengatakan...

NAMA : TARA INDAH AFELIA
NO : 27
KELAS : IX A

"Saya sependapat dengan postingan ini, karena telah menginspirasi saya bahwa mencontek itu adalah hal yang membawa musibah, karena hanya kepuasan sesaat saja."

Student mengatakan...

NAMA:PUTRI AYU MELATIE KARTIKA DEWI
NO:24
KELAS:IX E
''SAYA SETUJU,KARENA HAL TERSEBUT MEMBUAT KITA TIDAK MANDIRI DAN MEMBAWA MUSIBAH BAGI KITA"

Fatma emmy liana mengatakan...

NAMA: FATMA EMMY LIANA
NO: 15
KELAS:IXA

"MENURUT SAYA, MEMANG BENAR BAHWA MENCONTEK ADALAH AWAL MULA MENJADI KORUPTOR. LIHATLAH PARA KORUPTOR-KORUPTOR TERSEBUT , MEREKA INGIN SUKSES TETAPI MEREKA TIDAK INGIN BEKERJA KERAS DAN BERUSAHA SEDIKITPUN. DI DUNIA INI SESUATU YANG INGIN KITA CAPAI HARUS DENGAN BERUSAHA AGAR MENDAPATKAN HASIL YANG MAKSIMAL. DAN INGATLAH SESUATU YANG KITA INGINKAN ITU TIDAK SECARA INSTAN.
SAYA LEBIH BANGGA DENGAN PEKERJAAN SAYA SENDIRI WALAUPUN HASILNYA BELUM MAKSIMAL DARI PADA SAYA MENCONTEK PEKERJAAN ORANG LAIN YANG PADA AKHIRNYA MEMBUAT HATI DAN PIKIRAN SAYA TERBEBANI OLEH RASA KEBOHONGAN DAN TAKUT

Unknown mengatakan...

Widya Puspita Ningrum / 31 / IXA

mungkin orng berfikir bhwa mencontek itu adl menolong. ya..... memang sih, mencontek itu menolong. tapi, itu hanya bersifat sementara. mencontek itu hukumnya haram krna itu adl perilaku menipu kepada orang lain maupun pada diri sendiri. apalagi pd saat ujian psti memiliki dampak besar di masa depan. Bayangkan seorang dokter yang kelulusannya dari nyontek, bagaimna keadaan pasien saat ini??? Nyontek adalah perilaku korup yang harus segera dihentikan dan diganti dengan kejujuran, kerja keras, berkeringat dan bangga dg semua itu. skrg yg mjd pertanyaan adl, jika semua murid adl murid2 yg suka mencontek, mau jadi apa bangsa Indonesia, mau dibawa kemana negara kita? terus, nilai siapa yg tertulis disetiap soal2 latihan yg diberikan oleh guru?

Unknown mengatakan...

haha, I like this fatma... (y) (Widya Pn)

Unknown mengatakan...

Nama:bagus kj
no:05
kls:9B
komentar: sayaa setujuu dengan postingan ini karena mencontek hanya kepuasan sesa'at dan hanya bisa mengandal kan orang lain atau contekan yg sudah di buat,di rumah atu di sekolah yang di selipkan di sepatu dll.

Unknown mengatakan...

Nama : Anggi Astajib Muslikhin
No : 03
Kelas : 9A
KOMENTAR : Menurut saya, menyontek itu membuat sengsara. Saya tidak akan menyontek lagi.

Unknown mengatakan...

Nama : Nur Jamil
No : 22
Kelas : 9D
KOMENTAR : Menyontek itu derita, menurut saya, pak.

Unknown mengatakan...

Nama : Dimas AsofaI Ilyasa
No : 11
Kelas : 9A

Komentar : saya setuju dgn postingan ini karena menyontek dapat membuat orang menjadi malas berfikir

Unknown mengatakan...

Nama : Angga Wijaya
No : 02
Kelas : 9A
Komentar : Menurut saya, mencontek itu merugikan krn selain membuat pelajar mjd malas belajar jga dpt mjd ketergantungan dg orang lain shg org yg mencontek itu akan mjd bodoh...

Rudi_7X mengatakan...

NAMA : RUDI KURNIYANTO
NO : 26
kelas : IX E



menurut saya : saya setuju

menyontek hanya bergantung terhadap catatan yang di selipkan atau bantuan orang lain, maka dari itu orang yang menyontek tidak mempunyai rasa percaya untuk mengerjakan sebuah soal
.
menyontek hanya merupakan kesenangan sesaat, dan berakibat buruk di masa depan kelak




...



SEKIAN DAN TERIMAKASIH

Unknown mengatakan...

nama :sumartono
NO:29
kls:9d
saya setuju :karena mencontek akn mejadikan orang malas berpikir dan ber pikir pendek sehingga sering berpikir negatif.

Unknown mengatakan...

Nama : vandy Nur ramadhan
Kelas : IX A
No. : 29

Isi postingan diatas Memang benar
Karena mencontek akan membuat orang malas berfikir
Jadi orang akan melakukan sesukanya tanpa berfikir itu membuat orang lain rugi atau tidak

Unknown mengatakan...

nama: riva maimunah
kelas:9 A
no. :25

mencontek memang sudah menjadi kebiasan pda setiap siswa yg mls belajar.
jika kita sering mencontek kita akan menggantungkan orang lain.
mencontek itu membuat kita rugi, karena kita mendapatkan nilai palsu.
dan jika kita mencontek kelak kita akan gagal

Unknown mengatakan...

nama: fahrun nisak
kelas: 9 A
no.: 14

Menyontek itu merugikan.
Siswa pergi ke sekolah itu tujuannya utk belajar supaya mendapat ilmu.
Kalo ada siswa yg menyontek saat ulangan, sebenarnya dia rugi.
Orang yg suka menyontek akan mjd malas belajar dan akhirnya mjd bodoh.
Ketika sedang jam pelajaran dia mjd malas mendengarkan gurunya yg sedang mengajar.
Dengan begitu, kegiatan setiap harinya pergi ke sekolah tidak ada gunanya.

Unknown mengatakan...

aku setuju by : hanif 9e

Unknown mengatakan...

nama : hanif margan asparingga
no : 15
kelas : 9E

aku nyontek kalau kepepet doang kalok bisa ngapain saya nyontek ?

Unknown mengatakan...

Nama:Aldi setyo.w
nomer :3
Kelas:9e

Menurut saya menyontek selain dapat merugikan diri sendiri tapi juga dapat merugikan orang lain karna tidak membuat kita jadi pintar malah membuat kita jadi bertambah bodoh.

Dicky Nur mengatakan...

Nama : Dicky Nur Novi Ahmad
No : 10
Kelas : 9A
KOMENTAR : Saya setuju, menyontek itu perbuatan yang tidak baik. Kalau menyontek bisa kena marah orang tua dan guru.

Puji Lestari mengatakan...

Nama : Puji Lestari
No: 24
Kelas: 9A
KOMENTAR : Saya setuju, karena menyontek membuat siswa tidak percaya diri.

Unknown mengatakan...

MANA: Raka Ade Prastianto
NO: 25
KELAS:9Dhe

...
COMENTAR :
..Ya saya setuju dengan hal tersebut ...
...bahwa mencontek itu adalah awal dari karupsi.....ehh tapi sudah bkn awal dari korupsi lagi sihh ...tapi memang mencontek itu sudah bagian dari korupsi....karena mencontek itu sama saja mengkorupsi jawaban ...
menurut pendapat saya pribadi mencontek itu sama sja seperti narkoba ...karena mencontek itu membuat anak-anak jaman sekarang ini kecanduan untuk melakukan hal tersebut ...

...mencontek itu menurut perkataan anak-anak jaman sekarang...mencontek adalah hal yang memberikan kesenangan sejenak bagi mereka ...saya pun juga sering mencontek ....tapi nggak parah2 banget hhhe...

SEKIAN DAN TERIMAKASIH

Unknown mengatakan...

Nama : Dani Fitriyani
No : 6 (enam)
Kelas : IX B

"Saya setuju dengan postingan ini, karena dengan kebiasaan menyontek maka kita akan tergantung pada orang lain, menjadi malas belajar, malas berfikir, dan tidak dapat percaya diri. "

derairicuh mengatakan...

Name : Novitta Yuni Rahmawati
kelas : 9A
nomor : 22
komentar gw : akan lebih mudah unuk MELARANG seorang anak untuk mencontek ketimbang MENGHIMBAU seorang remaja untuk berhenti mencontek.oke fiks gw berhenti mencontek . hihirr :D

derairicuh mengatakan...

hahakk koruptor cilik :v

Unknown mengatakan...

Arif Pratama
9D
7

Nyontek adalah perilaku korup yang harus segera dihentikan dan diganti dengan kejujuran, kerja keras, berkeringat dan bangga dg semua itu. skrg yg mjd pertanyaan adl, jika semua murid adl murid2 yg suka mencontek, mau jadi apa bangsa Indonesia, mau dibawa kemana negara kita? terus, nilai siapa yg tertulis disetiap soal2 latihan yg diberikan oleh guru? :D :D

Nurro'idah Akhlaqul Karimah mengatakan...

Nama :Nurro'idah AK
Kelas :9A
Nomor:23
saya setuju,memang menyontek adalh awal mula jadi koruptor.Sekarang banyak pejabat yg korupsi,karena itu semua berasal dari kebiasaan menyontek sejak kecil.Mereka ingin berhasil tetapi tidak mau berusaha keras.Mereka akan melakukan segala cara agar keinginannya berhasil.Apakah itu disebut orng yang sukses.Menurut saya semua itu sia2 krn orang yang dikatakan sukses itu dimulai dari kerja keras dari nol hingga berusaha keras walaupun gagal tetap berusaha sampai berjaya tanpa menyontek.

ida indah widyastuti mengatakan...

nama :ida indah widyastuti
no :11
kelas :9b
menyontek hanya menyelamat kan mu sementara !!! tetapi menjerumuskan mu selamanya !!

ida indah widyastuti mengatakan...

nama:heny setiyowati
no:17
kelas:9e

saya setuju karna mencontek dapat membuat kita menjadi ketergantungan dengan orang lain dan dapat menjerumuskan kita

Unknown mengatakan...

Nama : Siti Umroh
Kelas : IX E
No : 28

Saya seyuju dengan postingan tersebut, karena menyontek menjadikan kita tidak percaya dengan jawaban sendiri dan lebih percaya dengan jawaban orang lain, dan menyontek juga menyesatkan.

Mudah belajar ips smp mengatakan...

Betul sekali..... tetapi jangan sekedar ucapan atau tulisan saja, tetapi buktikan dalam kenyataan, baik mengerjakan tugas maupun saat ulangan dengan jujur.... okey!!!

Unknown mengatakan...

Nama : Anjar Kumala Rani
Kelas : 9A
Nomer : 4 (empat)

"Saya setuju dengan postingan Pak Amiir, karena menyontek itu perbuatan yang tidak baik. Bikin orang belajar bohong dan malas belajar. Orang yang malas belajar, tidak akan SUKSES di masa depan, karena SUKSES adalah kunci KEBERHASILAN :D :) Okeesipp"

Unknown mengatakan...

Nama : Firda Widya Marlin
No : 16
Kelas : 9A

Saya setuju dengan postingan di atas karena menyontek membuat orang malas belajar dan malas bekerja keras. Orang itu hanya ingin mendapatkan hasil yang baik tetapi tidak mau berusaha ..

Dewi Ratnasari mengatakan...

Nama : dewi ratnasari
no: 9
kelas: IX a

" saya setuju dengan postingan Pak Amir, karna kebiasaan pelajar mencontek adalah kebiasaan yang buruk dan membuat pelajar menjadi malas belajar dan selalu bergantung pada orang lain"
namun, terkadang bagi saya mencontek itu berkah karena saat kesulitan mencontek sangat membantu kita '
Phiss.....

Layinatush Syifa mengatakan...

Nama : Layinatush Syifa
No : 21
Kelas : 9A

Saya setuju dengan postingan Pak Amir krn menurut saya, menyontek itu ga' ada gunanya. Justru menyontek membuat kita malas belajar n tdk percaya pda diri kita sendiri. Lebih baik nilai bagus hasil kerja sendiri drpd nilai bagus hasil menyontek orang lain....

Nurul IM mengatakan...

Nama : Nurul Isrok
Kelas : 9F

Saya setuju dg postingan Pak Amir krn menurut saya menyontek itu mendatangkan musibah, krn dengan menyontek akan mengurangi rasa percaya diri n bergantung pda orang lain... Dampak dari menyontek sangat tidak baik, krn dapat mempengaruhi rasa percaya diri n tdk bisa mengukur kemampuan diri sendiri dan masih banyak lagi....

Mudah belajar ips smp mengatakan...

Tetapi perlu diketahui bahwa menurut Ida 9B, bahwa menyontek hanya menyelamatkan mu sementara !!! tetapi menjerumuskan mu selamanya !!!
Hidup itu pilihan, mau yang selamat atau yang sesat, ... ingat masing-masing punya akibat berbeda-beda ya!!!

Mudah belajar ips smp mengatakan...

Betul 300% setuju, tetapi harus konsisten dalam kenyataan pelajaran apapun ya!!!

FEBRIKA SPESABA mengatakan...

nama : asri indah febrika
kelas : 9e

saya setujudg postingan Pak Amir karna menurut saya siswa akan bergantung dengan orang lain dan tidak percaya bahwa dirinya bisa.

IFA NADIA ULFA L. mengatakan...

nama : ifa nadia ulfa lailatussyifa
kelas : 9a

menurut saya mencontek adalah awal mula jadi koruptor !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
karena apabila kita sudah mencontek sekali pasti akan mencontek lagi dan menghilangkan rasa percaya diri kita. jadi kalau ingin SUKSES kita harus JUJUR ......................

ELIVA DEVI W. mengatakan...

NAMA : ELIVA DEVI W
NO : 12
KELAS 9A


Memang benar kalau mencontek itu awal menjadi koruptor, karena orang yang mencontek itu orang yang tidak mau berusaha dan hanya mau menerima hasilnya saja dengan baik.

Saidatum Munasiroh mengatakan...

Nama : Saidatum Munasiroh
Kelas :9a

Menurut saya mencontek merugikan bagi yang MENCONTEK dan yang DICONTEK. Karena saat kita mencontek jawaban itu benar maka kita akan meneruskan kebiasaan itu lagi, jika hasik mencontek itu salah maka orang yang kita contek akan dimarahi. Sehingga mencontek MERUGIKAN bagi yang MENCONTEK dan yang DICONTEK.

ELIVA DEVI W. mengatakan...

NAMA : AENI NADIROH
NO : 01
KELAS :9B

Menurut saya, mencontek itu hal yang tercela dan apabila si pencontek sudah terbiasa untuk mencontek , maka dia tidak dapat menguasai mapel yang telah diberikan oleh guru. Dan saat ujianpun akan merasa terbebani karena sudah terbiasa mencontek. Kalau dilihat dari tingkah lakunya sudah pasti orang itu tidak bisa mengerjakannya.

IFA NADIA ULFA L. mengatakan...

nama : zarotun fitria
kelas : 9a
no : 32


menurut saya mencontek adalah awal mula jadi koruptor !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
karena mencontek membuat kita untuk malas dalam belajar dan bergantung kepada orang lain. jadi apabila kita ulangan mendingan mendapat nilai jelek dari pada mencontek..............

ELIVA DEVI W. mengatakan...

Nama : Chalimatus Sa'diyah
Kelas :9A
No: 08

Saya setuju dengan postingan Pak Amir,karena mencontek adalah perbuatan yang tidak baik. Mencontek akan menimbulkan rasa tidak percaya diri dan malas belajar. Dengan mencontek, kemampuan diri sendiri yang sebenarnya tidak akan mudah untuk diketahui. Jadi jauhilah perbuatan mencontek mulai dari sekarang dan hiduplah dengan jujur !!!!!!!!!!

Unknown mengatakan...

NAMA : DELYA JATI P.
NO : 09
KELAS : IX E



SETUJU BANGET ,

DAN menurut saya juga mencontek masih saudara dekat NARKOTIKA ,
karena mencontek dan NARKOTIKA fungsi dan dampak yang dihasilkan bagi para PENGGUNANYA iyalah sama.
sama-sama membuaT KITA KECANDUAN dan KETERGANTUNGAN terhadap barang dan orang lain ,

Sekian , terima kasih atas postingannya pak AMIR.

Unknown mengatakan...

Nama : Diana Ayu P amuji
Nomor: 07
Kelas : IX F

SAYA SETUJU!!!!!!!!!!!!!!!

Menurut saya mencontek itu merupakan perbuatan tercela, karena mencontek hanya kepuasan yang tertunda dan kita hanya bergantung kepada teman / contekan, serta pifat mencontek juga mengakibatkan sifat pemalas dan sifat pembohong. oleh sebab itu maka sifat mencontek harus dihapuskan mulai dari sekarang...................

Mudah belajar ips smp mengatakan...

Pendapatmu yang sesuai hati nuranimu secara jujur apa ???????????????

Mudah belajar ips smp mengatakan...

Dilihat dari wajah dan tingkah laku mu kok kelihatan kekepet terus................, kamu malas belajar ya, karena maunya punya nilai baik tapi ndak mau belajar dengan giat dan tekun belajar. Ingat Ujian Sekolah dan Ujian Nasional sudah sangat dekat sekali !!!!!!!!!

muhammadkholilurrohmanyb@gmail.com mengatakan...

NAMA : M.KHOLILURROHMAN
KELAS :9D
NO :18



menurut saya mencontek bisa menjadi kebiasaan dan bisa membuat kita tergantung dengan hasil pekerjan orang lain tetapi kalau tidak ada yang bisa kita contek bagaimana................?????????????????????????

Unknown mengatakan...

Nama : Muhammad Rizky Afandi
No : 22
Kelas 9E
Komentar : Saya setuju , karena mencontek tidak membuat kita pintar tetapi malah menambah dosa

Unknown mengatakan...

Nama : Ariful Fathoni
Kelas. : IX A
No. : 05

setuju, karena mencontek tidak baik dilakukan.
nilai dan hasil yang didapatpun bukan milik kita, tetapi hasil mencontek.

derairicuh mengatakan...

Nama : Mellsa Abritalia 9C NOMOR 14

Mencontek bukanlah kegiatan belajar, tetapi mencontek merupakan bahaya laten bagi belajar. Mencontek dapat melahirkan generasi penerus yang pemalas dan bermental koruptor serta tukang bohong. saya setuju dengan postingan pak amir

derairicuh mengatakan...

Nama : Nisma Arum
kelas 9D
KOMENTAR :
Saya setuju karena, pada dasarnya Dilihat dari hasil belajarnya, mungkin siswa yang mencontek kelihatan berhasil pada pembelajaran sehari-hari. Tetapi ketika siswa tersebut ujian dengan soal berbeda dengan teman dan pengawasan yang ketat, maka akan kelihatan nilai siswa tersebut sangat berbeda dengan nilai sehari-harinya, yaitu siswa tersebut memperoleh hasil belajar yang rendah.

Unknown mengatakan...

NAMA : FIRANIKA ALIFFYANA
KELAS : IX eF
NO : 10


saya setuju dengan postingan ini, karena mencontek adalah kebiasaan yang buruk, mengurangi rasa percaya diri siswa, membiasakan siswa menggantungkan pekerjaannya kepada orang lain. juga kerugian mencontek lebih besar daripada keuntungannya. terima kasih Pak Amir

indah lestari mengatakan...

NAMA : INDAH LESTARI
NO : 18
KELAS : IX E

"ya saya setuju dengan pendapat bapak. karena mencontek itu merupakan hal yang tidak baik"

Unknown mengatakan...

setuju dengan postingan ini. karena mencontek itu merupakan hal yang tidak baik dan membuat kita bodoh.

nama :Siti Alimah
kelas :9f
nomer :26

Unknown mengatakan...

nama:m.dwi rifai
kelas:9 f
no :16

saya setuju dengan posting ini karena mecontek merupakan hal yang merugikan bagi diri sendiri

Unknown mengatakan...

Nama :Putri Dwi Nur Diana Sari
kelas :9.F
No :21

saya sangat setuju dengan postingan ini karena mencontek akan menumbuhkan sifat malas belajar dan malas berfikir sehingga dapat merugikan diri sendiri

rikna mengatakan...

mencontek membodohkanmu, karena membuat kita tergantung pada orang lain

rikna mengatakan...

nama : aprillya ika putri p.
no : 06
kelas : 9 d

setidaknya kita mencontek pada orang yang tepat :D

joko satria wedokan mengatakan...

nama : joko edi
kls : 9f no :12 , , wah seng comentar do munafik.. , nk qu jujur qu isone nyontek nk ra , nyontek bijiku elek og Pak Amir. , neng nk ujian qu ra nyontek wes.

Unknown mengatakan...

NAMA : Uswatun Khasanah
KELAS : IXB
NO : 27
Saya setuju dengan postingan ini, karena menurut saya mencontek itu membuat diri kita merasa menggantungkan jawaban teman kita yang menurut kita benar tapi belum tentu itu benar dan mencontek membuat kita malas untuk belajar.,,,

Unknown mengatakan...

NAMA : Giyarti
KELAS : IXD
NO : 14
Saya setuju dengan postingan ini, karena mencontek itu sama saja kita tidak percaya dengan jawaban kita sendiri. Dan buat apa kita belajar selama ini, kalau saat kita diuji kita malah mencontek. Sama saja kita membohongi diri sendiri..

Unknown mengatakan...

Nama:Alifah lulu'ul baity
Kelas:9f
No :02

Saya setuju dengan postingan ini karena menyontek hnyalah merugikan diri sendiri dan orang lain

Unknown mengatakan...

nama : m kevin
no: 16
kelas : 9c

mencontek dapat membat ketagihan dan malas belajar.
jauhilah mencontek.

Mudah belajar ips smp mengatakan...

Tulis nama lengkap, nomor absen, dan kelas berapa ya......biar tahu siap kamu sebenarnya???

Mudah belajar ips smp mengatakan...

ya belajar dan belajar terus meskipun tidak ada ualangan agar pandai sampai bisa supaya tidak biasa nyontek, karena jujur itu yang paling penting untuk kehidupan sekarang dan kelak jika kita sudah bekerja!!!

Mudah belajar ips smp mengatakan...

Namamu ganti yang baik ya... ingat ini dilihat oleh semua orang di dunia (di seluruh Indonesia dan di luar negeri), jujur atau munafik itu pilihan hidup, tapi hidup itu terus jalan maju dan hidup ndak bisa mundur lagi, jadi gunakan waktu hidupmu yang baik dan bermanfaat. Ingat dan ingat nyontek itu kebiasaan tidak jujur. kalau tidak biasa jujur maka besok kerjapun juga ngak biasa jujur dan bakalan rugi sendiri, apalagi "semua perbuatan kita yang baik dan buruk dicatat oleh Malaikat dan ora iso endo" (tidak bisa mengelak).

Mudah belajar ips smp mengatakan...

"Lha kamu pakai jilbab kok isih nyontek karo nurun kancane too....., apa ra wedhi dosa". Jujur atau munafik itu pilihan hidup, tapi hidup itu terus jalan maju dan hidup ndak bisa mundur lagi, jadi gunakan waktu hidupmu yang baik dan bermanfaat. Ingat dan ingat nyontek itu kebiasaan tidak jujur. kalau tidak biasa jujur maka besok kerjapun juga ngak biasa jujur dan bakalan rugi sendiri, apalagi "semua perbuatan kita yang baik dan buruk dicatat oleh Malaikat dan ora iso endo" (tidak bisa mengelak).

Unknown mengatakan...

menurut saya musibah karena mencontek dapat menjadikan kita malas,mudah putus asa,tidak percaya diri,dan bergantung pada orang lain .bahwa tidak ada kesuksesan tanpa usaha dan kerja keras dan juga di dampingi dengan doa.

nama: mellania gian nova putri pangesti
kelas : 9f
no : 14

Unknown mengatakan...

Nama : Rika Setiya
No : 27
Kelas : IX D
“Saya setuju dengan postingan Pak Amir, karena kalau banyak mencontek negara Indonesia akan semakun tidak maju malah bubrah. Tapi kalu kepepet tidak bisa mengerjakan soal saya juga mencontek... KADANG!!!!!”

Unknown mengatakan...

Nama : Vivit Rizky Shofaryani
No : 30
Kelas : IX A

" Saya setuju karena mencontek dapat menyebabkan kita tidak percaya diri dan tidak bertanggung jawab."

Unknown mengatakan...

Nama : Kuni Kamilah
No : 20
Kelas : IX A

" Ya,, Saya Setuju karena mencontek adalah awal kehancuran dari masa depan kita."

Unknown mengatakan...

nama : siti mazroah
no. : 27
kelas : 9f

saya setuju dengan postingan ini krn mencontek dpt menurunkan tingkat belajar siswa.

Unknown mengatakan...

NAMA : RISKA PUTRI ANGGAINI
KELAS : I XE
NO : 25


.. saya setuju ,, karena mencontek merupakan perilaku yang tidak baik dapat memberi dampak lanjutan seperti ketergantungan terhadap buku catatan saat ulangan ..

Aenaturikha mengatakan...

saya setuju karna mencontek membuat kita malas dan tidak mau mandiri

Anonim mengatakan...

nama : helda sofie nabilla
kelas : 9e
no : 16


saya setuju ,karena mencontek adalah hal yang negatif,dan di saat besar nanti kita akan sulit menentukan keputusan karena sejak kecil kita selalu ikut keputusan ataupun jawaban orang lain atau teman kita

Unknown mengatakan...

NAMA : Afriza Safa Insyrah
NO/KELAS : 3/9d

saya setuju bila mencontek adalah awal dari koruptor. Menyontek termasuk salah perbuatan tak terpuji, mendapat nilai dengan kerja keras sendiri lebih memuaskan dari pada mencontek.

Unknown mengatakan...

Nama : Tiyas Ning Setiyani
Kelas : IXB
No : 25

Saya setuju dengan postingan ini, karena dengan tidak menyontek kita akan belajar kejujuran dan dengan kejujuran kita tidak akan terjerumus dalam korupsi...

Unknown mengatakan...

Nama : Lufita Novi Utami
Kelas : IXB
No : 13

Saya setuju dengan postingan ini, karena mencontek melatih kita untuk melakukan tindakan tidak jujur..

Unknown mengatakan...

NAMA: ADE IRNA C
NO : 1
KLS : IX D

saya setuju, saya menyontek kalo sedang kepepet, jujur, tapi saya akan berusaha belajar lebih baik giat belajar lagi agar tdk menyontek ..

Unknown mengatakan...

nama : Khabib Kurniawan
kls : IX D

menyontek bisa membuat kita tidak percaya diri,,,, dan saya tidak akan mencontek kalau benar-benar tidak bisa

Unknown mengatakan...

NAMA : DUWIK SUSILOWATI
KELAS: IX D
NO : 11

saya setuju,
karena diri seseorang tidak akan pernah menjadi dewasa jika tetap menyontek. Perbaiki diri dari sekarang akan lebih baik .. JUJURLAH !!!!!

Mudah belajar ips smp mengatakan...

we ladhalah....cilik-cilik kamu juga suka nyontek to???

Mudah belajar ips smp mengatakan...

Buktikan... dan jangan sekedar ucapan dan tulisan saja, tetapi ada dalam kenyaatan!!!

zian ayu lisa f mengatakan...

NAMA : Zian Ayu Lisa f
Kelas :IX F
NO : 30

saya setuju,karena menyontek dapat menimbulkan rasa tidak percaya diri akan jawaban diri sendiri dan dapat merugikan diri sendiri

Unknown mengatakan...

NAMA : AYU RETNO UTAMI
kelas : 9 B

iya saya setuju, karena menyontek tidak akan menyukseskanmu tapi menyontek akan menyesatkanmu

Ungkapan Hati Diri mengatakan...

mencontek itu tindakan yang tidak baik bagi para pelajar, dan membuat musibah.

Unknown mengatakan...

nama : fatma afrianti
kelas : 9E
no : 13

saya setuju, memang menyontek itu sangat menyenangkan bagi mereka yang tidak tahu apa arti mencontek yang sebenarnya

azizah anggreani mengatakan...

Nama:azizah anggreani
kelas:1X F
No :6

BETUL,BETUL,BETUL
karena menyontek dapat membuat kita malas belajar dan membuat kita tidak percaya diri akan kemampuan kita sendiri.

Unknown mengatakan...

Nama : Alex N H
No : 05
Kelas : 9C

Saya setuju kalau saya menyontek dapat membantu mengerjakan ulangan atau tugas .
. Nyontek Amaarga kepepettttttttttttttttttttttt ....

Unknown mengatakan...

Nama : Rois Hisamuddin
No : 23
Kelas: 9F

Saya menyontek karena terpaksa, amargi kula mboten saget
. Kepepetttttttttttttttttttttttt

Unknown mengatakan...

Nama : Oktaviyanti
No : 19
Kelas : IX B

" Ya, saya setuju !! karena mencontek itu kegiatan yang negatif dan bisa membuat orang kecanduan :) "

Unknown mengatakan...

ky'.a aku pernah baca komentar ini deh. ya bukan baca aja sih, tapi itu ky'.a sebagian dr kata2 komentarku deh, hem... :( :/ arif malesi banget... :/

Unknown mengatakan...

bener, hidup itu pilihan. disetiap pilihan pasti ada resiko n resiko itu hrs dihadapi dg ikhlas. kl' g mau ikhlas hadep'in.a y dipikirkan matang2 dlu resiko.a. apa yg udh kulakukan ini baik atau g utk kedepan.a...

Unknown mengatakan...

Nama: Dedy Irawan
No : 9
Kelas: IXD
Komentar: Saya tidak setuju dg perilaku mencontek karena menyebabkan penyontek selalu tergantung kpd jwaban yg diconteki alias gk PD....

Unknown mengatakan...

iyaa pak. Insya Allah...

Unknown mengatakan...

setuju, karena mencontek adalah sikap yang buruk............

nama :fiky roekhatuttoyibah
kelas :9f
no :9

nebeng punyanya edy pak

rikna mengatakan...

nama : ayu rikna saputri
no: 8
kelas: 9d

Unknown mengatakan...

Nama : Eva Sofika
No : 9
Kelas : IX B

.. Saya setuju dengan postingan ini, karena dengan mencontek maka akan merugikan diri sendiri dan menjadikan kita malas berfikir ..

Unknown mengatakan...

Nama : Dwi Saputri
No : 8
Kelas : 9B

" saya setuju dengan postingan ini, karena mencontek mengakibatkan kemalasan, dan berkurangnya rasa percaya diri :D :D "

Unknown mengatakan...

Nama : DIAH LESTARI
No : 10
Kelas : 9E





saya setuju bahwa mencontek dapat membawa musibah , karena kebiasaan mencontek akan mendidik anak tidak mau jujur di lingkungan sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal atau lingkungan masyarakat

Unknown mengatakan...

Nama : Yulia Rahmawati
No : 29
kelas :IXB

saya setuju pak ! seseorang juga akan berhenti mencontek bila sudah kapok :D

Unknown mengatakan...

ERIKA FITRI ANI anak IXA nomor 13

saya setuju dengan artikel ini tetapi yang saya masih bingung kan, mengapa masih ada guru guru atau karyawan yang membiarkan murid murid menyontek? bukan kah seharusnya ditegur atau di marahi?
menurut saya orang orang yang memiliki pemikiran yang jernih akan berfikiran bahwa tak selamanya mereka akan menyontek, mereka akan berhenti mencontek dengan sendiri nya kan. apa iya hingga tua akan seperti itu? diawal memang sering menyontek tetapi belum tentu juga dikemudian hari mereka akan mencontek terus meneruskann. :D

Unknown mengatakan...

Nama : Melinda Yuliyanti
No : 14
Kelas : 9b

.. saya setuju dengan postingan ini, karena menyontek mengakibatkan kurangnya rasa percaya diri dan bergantung kepada orang lain ...

Unknown mengatakan...

Nama : Irfan N.C
No : 19
Kelas : IX E

" Saya setuju dengan postingan Pak Amir ini, karena mencontek akn melatih kita untuk melakukan tindakan tidak jujur, yang berakibat : menurunnya rasa percaya diri, dan bermalas-malasan."

Unknown mengatakan...

Nama : Sonya Eka
No : 23
Kelas : IX B

"Saya setuju dengan postingan Pak Amir, karena mencontek itu perbuatan yang tidak baik. Mencontek mengkibatkan kita menjadi malas belajar, dan selalu bergantung pada orang lain .. Itu sama hal nya kita berbohong :D ! berbohong kepada orangtua, kepada guru, bahkan bohong kepada diri kita sendiri .. :D :D "

Unknown mengatakan...

Nama : Via Margiati
No: 28
Kelas : 9b

" saya setuju dengan postingan ini, Karena mencontek akan membuat orang malas berfikir .. Jadi orang yang melakukan sesukanya tanpa berfikir itu membuat orang lain rugi bahkan membuat dirinya sendiri yang rugi ! :D :D .. "

Unknown mengatakan...

Nama : Umi Mutmainah
No : 28
Kelas : IX A

Saya setuju dengan postingan ini , karena menyontek hanya akan menghancurkan moral si penyontek & menyontek sama saja belajar menjadi koruptor.

Unknown mengatakan...

nama : fikky apriliya
no :12
kelas :9d

saya setuju dengan postingan ini karena mencontek dapat menyebabkan kecanduan dan bagi para murid mencontek dapat menyebabkan murid malas belajar

Unknown mengatakan...

Nama : Adhina Puspaningtiyas
No : 01
Kelas : 9 E

saya setuju bahwa mencontek adalah musiba karena selain merugikan diri sendiri juga membiyasakan seseorang untuk bersifat tidak jujur .
Balas

Unknown mengatakan...

iya ,, pak :-)

Unknown mengatakan...

Nama : Nurul Ulfa Rizky
No : 23
KLS : IX D

musibahlah, selagi bisa ngerjain ngapain sih nyontek kalo gak bisa ngerjain, baru deh nanya temen. Kan nanyak bukan nyontek :D

ida indah widyastuti mengatakan...

Nama :Rita Siti N.
Kelas :9b
No :20
Komentar :saya setuju !! karrna mencontek juga bisa merusak masa depan.

Unknown mengatakan...

nama : anggi novita ayu
kelas : 9e
no : 04
saya setuju, krena mencontek tidak bisa melatih otak untuk berfikir dan evaluasi

Unknown mengatakan...

nama : ferry angga saputra
kelas :9e
no : 14
saya setuju, karena mencontek dapat mendatangkan kemalasan untuk belajar dan berfikir

Unknown mengatakan...

nama : vivit choirul nisya
kelas :9e
no : 29
saya setuju, karena dengan mencontek kita tidak bisa mengetahui dimana materi yang belum kita kuasai

Unknown mengatakan...

nama : cahyo ronaldi
kelas : 9a
no : 07
tergantung, kalau kepepet.
kalau musibah harus tabah, kalau berkah alhamdulillah. koruptor juga kaya, kalau tidak ketahuan.

ida indah widyastuti mengatakan...

nama : diah ayu puspitasri
kelas : 9b
absen :7
saya setuju dengan postingan pak amir, karena dengan menyontek, siswa akan menjadi malas belajar dan mengandalkan contekan, sehingga dia mendapat nilai bukan dari hasil kerja kerasnya sendiri.

Unknown mengatakan...

nama : ajib kusdiantoro
no abs : 2
kelas : 9e

saya mencontek karna saya tidak bisa ,kalau bisa saya tidak akan mencontek

Unknown mengatakan...

nama : dian wahyu
no : 12
kls : 9e

setelah membaca artikel pak amir saya tidak akan mencontek lagi

Unknown mengatakan...

nama : wahyu adi n
no : 30
kls : 9e

saya tdk akan menyontek karena menyontek tidak halal .

Unknown mengatakan...

Nama: Afni Fatkhul Nisa
Kelas: 9D
No: 2

Saya setuju dengan postingan ini pak, karena menyontek dapat membuat siswa menjadi malas belajar dan mengandalkan orang lain"

Unknown mengatakan...

Nama:M.Ardi Aziz
Kelas:9 f
NO :15

Saya setuju dengan posting ini karena menyontek membuat kita malas belajar

Unknown mengatakan...

Nama:M.Ali Mas Udi
Kelas:9 f
No :17

setuju, karena mencontek dapat membuat kita bergantung kepada orang lain

Unknown mengatakan...

Nama:Rusmanto
Kelas:9 f
No :24

Saya setuju , Mencontek hanyalah kesenangan sesaat

Unknown mengatakan...

Nama:Subiyakto Pondawa
Kelas:IXF
No:24
saya setuju karna menurut Ir.soekarno mencontek dapat merugikan siswa
trims...............!

ida indah widyastuti mengatakan...

Nama :Mey Ratna Indriyani
No :20
Kelas :9e
Komentar : saya setuju,karna mencontek adalah hal yang tidak baik !!

Unknown mengatakan...

ngerti seko ndi.......!

Unknown mengatakan...

NAMA: BISMA FAJAR I
NO:7
KELAS:9E


SAYA SETUJU, dengan possting ini karena menyontek hanya untuk menyalamatkan diri untuk sementara tetapi menyesatkan diri selama lamanya

Unknown mengatakan...

Nama:Muhammad safii hadi .k.
Kelas:IXB
No:16
saya setuju dengan postingan ini karna mencontek hanya akan membuat siswa malas belajar

Unknown mengatakan...

Nama:Agus tri laksono
Kelas:IXb
No:02
saya setuju karna mencontek membuat siswa BODOH

azizah anggreani mengatakan...

Nama:irfan saputra
Kelas:1X F
No :11

saya setuju karena menyontek dapat membuat kita malas belajar dan membuat kita menjadi BODOHHHHHH

Unknown mengatakan...

Nama : M.Afifudin
Kls : 9D
No :19

saya tidak setuju karena menyontek menyebabkan siswa malas untuk berpikir sendiri dan tidak mau untuk berusaha.

ida indah widyastuti mengatakan...

nama: zakiyyatul latifah
kelas: 9b
no : 30

. saya setuju dg postingan ini krn dg mencontek tidak bisa berlatih berfikir mandiri hanya menggantungkan kepda org lain dan juga merusak masa depan yg cerah ..

ida indah widyastuti mengatakan...

NAMA: FITRI RIZA
KLS /NO: IXD /13

Saya setuju dengan postingan tersebut karena jika menyontek membuat kita selalu bergantung kepada orang lain.

ida indah widyastuti mengatakan...

. nama : arini lailatul
kelas : 9f
no : 4

saya setuju dengan postingan ini. karena mencontek membuat diri kita tidak percaya diri, dan hanya tergantung pada orang lain.

azizah anggreani mengatakan...

nama: arum widya lestari
kelas:lX f(05)

saya setuju karena menyontek dapat membuat kita BODOHHHHHHHHHHHH,..

azizah anggreani mengatakan...

Nama: Windi Yuliasari
kelas:lX f ( 29)


menurut saya menyontek dapat membuat kita tidak percaya diri dengan kemampuan kita sendiriiiii...

Unknown mengatakan...

Nama : Nanang Nur Cahyo
No : 20
KELAS : 9D

komentar : Saya setuju, menyontek itu berkah saat kepepet. Menurut saya...

Unknown mengatakan...

Nama: Tri Setyowati
Kelas: 9D
No. : 30

Saya percaya kalau mencontek itu musibah, karena setiap saya menconteki teman saya, pasti nilainya lebih bagus dari saya.

Unknown mengatakan...

Nama : Ani Maqfirotul R
No : 04
Kls : IX D

Kalau menurut saya apabila kita ingin mendaptkan nilai yang bagus, kita harus bekerja keras dengan berdoa dan belajr yg lebih giat, bukannya bekerja keras mencontek ..

Unknown mengatakan...

nama: liya suparmiyati
kelas: lx f
nomor: 13


saya setuju banget , karena kebiasaan menyontek membuat kita tidak percaya diri
dan belum tentu yang kita contek itu benar

dan membuat kita malass belajar betull gak ...

Unknown mengatakan...

Nama:Nanda Dwi Prastika
Kelas:9 f
No :18

saya setuju karena enyontek membuat kita jadi tidak percaya diri

Unknown mengatakan...

Nama: Siska Kusumantari
Kelas: 9E
No. : 27

Ya, saya setuju kalau mencontek itu musibah, karena kalau kebiasaan mencontek itu terus menerus dilakukan, akan merusak masa depan kita !!!

Unknown mengatakan...

Nama : Aprilliya Novita A
No : 05
Kelas : 9 E

Mencontek selain membahayakan diri sendiri juga mempengaruhi orang lain untuk menjadi pribadi yang suka mencontek / tidak jujur

Unknown mengatakan...

Nama : Aprillia Novita A
No : 05
Kelas : 9 D

Mencontek selain membahayakan diri sendiri juga mempengaruhi orang lain untuk menjadi pribadi yang suka mencontek / tidak jujur

Unknown mengatakan...

nama : Rizal Putra
kelas : 9 B

saya setuju pak, bahwa menyontek sebagian dari korupsi

Unknown mengatakan...

Nama Dian Eva Dhamallia
kelas 9E

setuju, bahwa menyontek dapat membuat otak kita tak dpt berkerja

Rudi_7X mengatakan...

nama: sodiq imam mustofa
kelas : 9c

Stj , walaupun saya selalu mencontek

Rudi_7X mengatakan...

nama: risal ariyanto
kls: 9c

saya sangat setuju pak

Unknown mengatakan...

NAMA:Muhammad Ari Prassetyo
NO:17
KELAS: IX B

setuju; karena apabila kita hanya mengandalkan jawaban dari teman akan membuat kita tidak percaya diri sama jawaban kita sendiri

Unknown mengatakan...

NAMA :TRI ULI NUHA
KELAS :9C
NO :24



Setuju karena menyontek bisa membuat kita malas belajar, dan membuat kita tergantung dengan jawaban orang lain..

Unknown mengatakan...

nama : fadin khoeruman
no : 10
kelas :9b

saya setuju, kalau menyontek awal mula jadi koruptor, karena menyontek samadengan menggorupsi pekerjaan teman.karena dengan menyontek tidak akan berusaha separti koruptor yang bisanya menggandalkan dari hasil seseorang.

Unknown mengatakan...

Nama : Prasasti Asiang
Nomor : 23
Kelas : 9E
Komentar : Setuju, karena menyontek hanya dapat membuat seseorang kurang percaya diri dengen pekerjaansendiri dang menganggap hasil orang lain lebih benar.

Unknown mengatakan...

Nama: Salimatul W
Kelas: 9B
No. : 22

"Menurut saya mencontek adl musibah karena dgn mencontek kita tidak akan puas dgn hasil yg kita dpt walaupun nilai 100, karena hasil itu bukan dari usaha sendiri, melainkan hasil mencontek."

Unknown mengatakan...

Nama ; putra oktavian f.
No/Kls ; 24 IX D
'' Jangan menyontek , karena bisa membuat kita malas berfikir dan dimarahi guru(kalau ketauan)

Unknown mengatakan...

Nama ; Anggita Kurniasari
Nomor ; 03
Kelas ; 9B

menurut saya mencontek akan menumbuhkan sifat tidak jujur, jadi jangan biasakan untuk mencontek

Unknown mengatakan...

Nama : Risal Ariyanto
Nomor : 18
Kelas : 9C

Jangan dibiasakan untuk mencontek, karena mencontek merupakan sifat yang tidak baik dan membuat kita malas untuk berfikir, bila ketahuan dapat dikenakan sanksi.

Unknown mengatakan...

Nama : M. Faizal Riza
No : 15
Kelas : IX B

*Iya, saya setuju karena menurut Drs. Moh. Hatta mencontek diperibahasakan seperti air di daun talas >> orang yang tidak punya pendirian hanya bisa mencontek pekerjaan orang lain*

ida indah widyastuti mengatakan...

Nama :Indriyanto N.
No/Kelas :12/9b
Komentar :saya setuju dg postingan ini! karna bisa mempengaruhi pelajar untuk malas belajar,dan hanya bisa mencontek jawaban teman pada saat ulangan maupun ujian .

ida indah widyastuti mengatakan...

Nama :Muhammad Sukron M.
No/Kelas :18/9b
Komentar :saya setuju! karena bisa menyebabkan kemalasan berfikir,dan bisa menjadi benih koruptor.

Unknown mengatakan...

nama : sela fitriyani
kls : IX F
no: 25

ya, saya setuju dg posting diatas, karena menyontek dapat mengakibatkan kerugian yang tidak membawa keberuntungan selalu, sekali menyontek seseorang akan selalu bergantungan pada orang lain dan kemungkinan seseorang itu tidak bisa sukses dg akal sehatnya ...:)

Unknown mengatakan...

nama : Safira Salsadora
no: 28
kls :IX D

ya, saya setuju dengan posting ini, karena menyontek dapat merugikan orang lainn

Unknown mengatakan...

Nama:Niko Rafli Rafsanjani
Kelas:9 f
No :19
saya setuju karena apabila kita hanya mengandalkan jawaban dari teman akan membuat kita tidak percaya diri sama jawaban kita sendiri

Unknown mengatakan...

Nama: Ryan Setiawan
Kelas:9 f
No :22

Saya setuju , Mencontek hanyalah kesenangan sesaat . Bila nilai baik , itu juga bukan hasil dari kerja keras kita sendiri !!

Unknown mengatakan...

nama: ulfa khusnia
kelas: IX B
no: 26
komentar: saya setuju, karena dengan menyontek akaan merusak diri sendiri juga masa depan

Unknown mengatakan...

nama: ulfa khusnia
kelas: IX B
no: 26
komentar: saya setuju, karena dengan menyontek akaan merusak diri sendiri juga masa depan