TIPS DAN TRIK CARA BELAJAR DAN MENGHAFAL YANG BAIK DAN EFEKTIF



TIPS DAN TRIK CARA BELAJAR DAN MENGHAFAL
YANG BAIK DAN EFEKTIF
(Penyusun : Amir Alamsyah, S.Pd)


Belajar diluar waktu jam pelajaran sekolah adalah faktor penting dalam menunjang kesuksesan prestasi belajar siswa. Banyak siswa yang memiliki kemampuan lebih, tetapi prestasinya biasa saja karena cara belajarnya kurang baik. Sebaliknya siswa yang kemampuannya biasa saja dapat meningkatkan kemampuan akademik dengan cara belajar efektif dan tepat.

A.  Tips dan trik cara belajar yang baik dan efektif
 Beberapa cara khusus agar dalam belajar lebih baik dan efektif dalam mencapai tujuan belajar agar prestasi akademiknya menjadi lebih baik dan meningkat yaitu :
1.   Niat dan kesadaran belajar
Ketika kita melakukan suatu tindakan tanpa ada niat, maka tidak akan berjalan dengan baik. Begitu juga dalam belajar, tanpa ada niat dan kesadaran belajar, maka kita tidak dapat menjadi orang yang pandai selamanya. Meskipun tidak pandai, tetapi jika rutin belajar maka kita akan lebih pandai dari orang lain disekitar kita.
2.   Ciptakan suasana kondusif
Dalam belajar harus diciptakan suasana yang kondusif, nyaman, tenang, serta penuh konsentrasi  agar materi yang dipelajari benar-benar masuk ke otak. Belajar diluar ruangan  dapat menjadi pilihan yang cukup baik karena lebih fresh, bisa lebih tenang, dan tidak penat dalam belajar.
3.   Belajar Kelompok
Belajar kelompok dapat mempermudah siswa memahami bahan pelajaran yang sudah dipelajari karena bisa saling berbagi dan bertanya bila ada yang belum paham. Ada kalanya siswa takut bertanya ketika dikelas, namun dengan belajar kelompok, siswa berani bertanya tentang hal yang belum paham kepada temannya. Bagi yang sudah paham dapat mencoba menerangkan kembali kepada teman yang belum paham, sehingga dapat membuat materi pelajaran yang disampaikan menjadi lebih mudah dipahami dan menyerap diotak kita.
4.   Buat  catatan intisari dari bahan pelajaran
Meringkas materi bahan pelajaran dalam sebuah catatan kecil dapat membantu mengingat bahan pelajaran yang sedang dipelajari. Pada saat menulis pasti membaca materi pelajaran kembali, sehingga dapat membuat cepat hafal materinya. Sebaiknya catatan ditulis dalam buku kecil atau kertas yang mudah dibawa kemana-mana, sehingga dapat dibaca kapan dan dimanapun kita berada.
5.   Berlatih tehnik kemampuan mengingat
Agar lebih mudah mengingat sebaiknya materi yang akan dihafal diubah menjadi sebuah singkatan atau kata kunci (Mnemonics) dengan susunan yang mudah diingat-ingat. Seperti MeJiKuHiBiNiU untuk singkatan-singkatan warna pelangi yaitu Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila dan Ungu. Jika menghafal materi pelajaran langsung dalam 1 minggu kita dapat menjadi lupa, tetapi jika menggunakan mnemonics, maka dapat diingat sampai puluhan tahun lamanya.
6.   Lihat garis besarnya dahulu
Jika membaca bahan pelajaran yang baru, maka lihatlah garis besar isi materi pelajarannya terlebih dahulu agar pemahaman kita meningkat. Caranya dengan melihat semua subjudul, keterangan gambar, dan ringkasan yang ada. Jika membaca materi pelajaran yang cukup panjang, maka bacalah terlebih dahulu kalimat pertama dari setiap paragrafnya.
 7.   Mengulang materi yang telah kita pelajari
Belajar sekali saja tidaklah cukup untuk bisa memahami materi pelajaran yang kita inginkan. Mengulang merupakan salah satu hal yang sangat baik untuk dapat memahami materi pelajaran yang kita pelajari. Cobalah membaca kembali apa yang sudah kita tulis dan pelajari sehari 1-3 kali.
8.   Pahami bukan dihafal
Menghafal bukanlah metode yang baik dalam belajar siswa. Menghafal memang kurang efektif, dalam memahami suatu materi pelajaran, tetapi jika diperlukan untuk Sistem Kejar Semalam, boleh sesekali dilakukan dengan metode menghafal.
9.   Belajar dengan tekun dan rutin
Belajar dengan tekun, rutin, tepat waktu, dan serius sangat berpengaruh dalam meningkatkan prestasi belajar. Apabila kita jarang belajar, hanya belajar jika akan ada ulangan saja, serta belajar dengan tergesa-gesa pada hari terakhir sebelum ulangan pasti hasilnya tidak akan baik dan tidak maksimal. Jadi belajarlah dengan tekun dan rutin selagi ada waktu untuk belajar.  

B. Tips dan trik cepat menghafal materi pelajaran yang baik dan efektif
1.   Ciptakan suasana belajar yang nyaman dan rileks
Berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan minta petunjuk-Nya agar belajar kita berguna dan bermanfaat. Hal ini dilakukan agar tercipta suasana belajar yang nyaman dan rileks sangat berpengaruh saat menghafal. Kita membutuhkan kerja otak kanan dan kiri dalam suasana nyaman dan rileks, agar dapat membantu memaksimalkan kerja kedua otak tersebut dan akhirnya mudah menghafal dan menyerap materi pelajaran yang sedang kita pelajari.
2.   Konsentrasi dalam menghafal
Saat kita menghafal, berkonsentrasilah pada satu hal saja yaitu menghafal itu sendiri. Jangan sambil menonton televisi, mendengarkan musik, makan, atau kegiatan lainnya, bahkan sambil ngobrol saman teman. Jika mengalami kesulitan saat menghafal, bisa dicoba dengan menutup mata,untuk memfokuskan konsentrasi anda. Bacalah materi pelajaran yang dihafalkan berulan-ulang agar lebih lama menempel dalam ingatan atau di otak kita.
3.   Membaca dengan cermat
Modal utama belajar adalah membaca dengan cermat. Bacalah dengan seksama materi pelajaran yang akan kita hafal. Lalu, yakinlah kita benar-benar memahami materi yang dibaca. Saat kita menemukan bagian tersulit,  maka bacalah bagian tersebut terlebih dahulu. Cara ini sangat berguna karena menghafal yang sulit membutuhkan waktu yang sangat lama. Jika kita telah berhasil menguasai bagian tersebut, maka kita akan termotivasi menaklukkan bagian lain yang lebih mudah dan lebih cepat.
4.   Ulangi  bagian tersulit
Bacalah kembali  materi pelajaran pada bagian yang tersulit dengan cepat dan berulang kali serta bagian lainnya dengan kecepatan tinggi.
Lakukan terus berulang kali untuk satu materi pelajaran yang diujikan dan jangan pindah ke materi pelajaran lainnya.
5.   Gunakan metode 'mind map'  atau peta pikiran
Coba lihat di internet dan hafalkan jangan sampai detail per kata, cukup ambil intinya dan kata kuncinya saja.  Pada awalnya  membaca dari awal sampai akhir dengan cepat saja (skimming), kemudian catat sendiri hafalan dari materi  pelajaran dengan gaya sendiri.
6.   Cobalah menghafal tiap bagian kemudian tuliskan semua yang dipelajari pada kertas
Cobalah menghafal tiap bagian kemudian tulislah semua yang dipelajari pada kertas dan hafalkan lagi bagian lain, boleh sambil mendengarkan musik klasik, karena menurut penelitian, musik klasik dapat merespon otak kita lebih baik. Kita juga dapat membuat materi pelajaran yang dihafalkan menjadi sebuah lirik lagu.
7.   Cobalah merangkum semua materi pelajaran yang dihafalkan
Cobalah merangkum semua materi pelajaran yang kita hafalkan, lalu rekamlah suara anda sendiri sewaktu mengucapkan hafalan tersebut dengan suara kuat dan jelas, serta putarlah berulang ulang rekaman tersebut sambil membayangkan kalimatnya.
8.   Buat “penanda” dalam benakmu
Ciptakan penanda dalam benakmu dangan membuat sebuah perumpamaan atau visualisasi. Visualisasikan penanda yang dibuat menjadi sesuatu yang dapat kita lihat dengan jelas, m
isalnya dengan membuat gambar kartun, sketsa, maupun diagram.
9.   Ulangi dengan suara
Ulangi lagi bacaanmu sekarang dengan mengombinasi suara yang dikeluarkan dengan tanda yang dipilih, serta boleh menambah gaya saat menghafal.
10. Cukup tidur dan istirahat
Jika kita merasa sudah hafal betul, tutup bukunya dan lakukan relaksasi dengan cara berbaring santai, tutup mata sambil mengatur nafas yang santai sekitar 30 menit saja dengan tidur atau istirahat  sejenak setelah mengulangi kembali apa yang sudah dibaca dan dihafalkan dengan singkat. Jika kita tidur sejenak setelah menghafal materi pelajaran maka proses pengendapan dalam memori otak akan lebih cepat dan dapat memulihkan stamina yang telah kita pakai selama proses menghafal.
11.    Tuliskan kembali semua yang kita hafalkan diatas kertas
Setelah tubuh dan otak sudah terasa segar dan santai, ambillah kertas dan pulpen, kemudian kita tuliskan kembali semua yang telah dihafalkan diatas kertas menggunakan singkatan  semacam jembatan keledai/kata kunci  atau Mnemonics  (contoh singkatan/jembatan keledai untuk Siapa apa, bilamana, dimana, bagaimana dan mengapa …jembatan keledainya yaitu Siabidibame …).  Pertama kali dalam melakukkan uji coba ini, anda hanya mampu menuliskan kembali apa yang dihafal sekitar 20% secara baik, yang lainnya lupa-lupa ingat atau ragu-ragu. Lakukan terus berulang kali uji coba ini untuk satu materi pelajaran yang diujikan dan jangan pindah ke materi pelajaran lainnya sebelum hafal betul.
12.    Tulisan singkatan mata pelajaran tersebut dan tempel pada dinding tempat belajar
Setelah mampu menguasai materi pelajaran dengan ingatan, maka tuliskan kembali materi pelajaran yang diingat otak atau memory anda sebanyak 100% dan dilakukan sebanyak 5 kali berturut-turut dengan hasil sama baiknya, Kemudian ambilah kertas berisi tulisan singkatan mata pelajaran dan tempel didinding tempat anda belajar. Setiap hari,minimal satu kali direview hasil catatan yang ditempel dengan membuat copy catatan yang anda keluarkan dari otak, bukan dibaca dari kertas berisi singkatan yang kita buat dan  dilakukan terus sampai seluruh materi pelajaran sampai diujikan pada ulangan secara lisan maupun tes tertulis.

Belajar dengan cara menghafal adalah cara belajar yang kurang baik bagi kita. Hal ini disebabkan karena kemampuan dan daya ingat kita terbatas, serta ilmu yang diperoleh dari menghafal tidak akan bertahan lama tinggal diotak kita. Namun demikian, beberapa tips dan trik cara belajar dan menghafal bahan dan materi pelajaran yang baik dan efektif ini dapat dicoba oleh siswa dalam belajar.  Semoga sukses dan bermanfaat bagi kita semua, khususnya para siswa SMP Negeri 1 Bandungan, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah.



----------  semoga bermanfaat  ----------

2 komentar:

TRM mengatakan...

ok tp sy sdh tahu ada cara lain enggak

Mudah belajar ips smp mengatakan...

Ada byk cara, cb cari dr blog karya orang selain sy yg sejenis pasti byk skl, yg penting aplikasi sesuai selera & kenyamanan siswa dlm belajar.